Taubat Dengan Migrasi Ke Sistem Operasi Linux

Hai Para Pengguna Software bajakan :D  [Ups]

linux vs windows ksl-pamekasan
Linux Vs Windows Ksl-Pamekasan

Apakah Anda seorang pengguna sistem operasi Windows? Boleh saya mengetahui, apakah Anda memiliki lisensi atas sistem operasi Anda? Ataukah Anda menggunakan produk dari menge-crack (membajak)? Baiklah, Anda jawab sendiri. Kemudian, jika Anda menggunakan sistem operasi Windows, silahkan cek aplikasi yang Anda gunakan, mungkin ada beberapa aplikasi yang “seharusnya” berbayar? Dari mana Anda dapatkan? Download? Lagi-lagi, beserta trik crackingnya? Jika Anda ingin taubat, bolehlah lanjutkan membaca artikel ini.

Menggunakan produk bajakan di Indonesia memang sudah menjadi hal wajar, bukan hal tabu. Meski demikian, bukan berarti tindakan membajak itu dibenarkan. Dilihat dari sisi mana pun tidak ada alasan yang cukup bijak untuk membenarkan pembajakan. Mungkin, bisa dibayangkan ketika Anda sebagai pemilik produk tersebut, anda menjualnya, sedangkan orang lain dengan seenaknya menggunakan tanpa perlu membeli di Anda, bagaimana rasanya?

Sedikit berbicara tentang “api”. Kok api? Ya, kata peribahasa, tidak ada api maka tidak ada asap. Begitu juga dengan kebiasaan membajak di negeri ini. Alasan mendasar mengapa orang di Indonesia adalah karena 2 hal, pertama budged limit sementara harga software memang lumayan mahal (read: sesuai dengan fungsi dan fiturnya), kedua adalah karena di mindset orang Indonesia membajak itu adalah hal biasa, tak mengapa dan boleh-boleh saja. Terlebih hal itu didukung dengan begitu banyak resource di Internet yang dapat dengan mudah didapat. Hanya dengan mendownload, melakukan beberapa trik, software yang berharga jutaan rupiah dapat langsung terinstal di perangkat komputer tanpa perlu membayar sepeser pun.

Pola pikir membajak adalah hal wajar sebenarnya didapat dari pengalaman hidup seseorang, dimulai dari masa awal mengenal komputer, sampai dengan mempelajarinya. Satu titik temu yang tidak boleh kita hiraukan adalah “sekolah”.
Sekolah menjadi alasan pertama yang harus bertanggung jawab seharusnya. Seperti yang kita tahu, sampai saat ini masih banyak sekolah yang menggunakan produk tidak berlisensi sebagai alat kegiatan belajar mengajar (KBM). Siswa diajarkan untuk menggunakan produk bajakan, dan pola pikir yang kemudian terbangun di mindset siswa adalah membajak itu adalah hal wajar, atau malah disebut ilmu. Woh, ilmu pembajakan? -_-
Hampir seperti orang pada umumnya, sekolah terpaksa menggunakan produk bajakan karena alasan keuangan. Harga software yang terlalu mahal memaksa pihak sekolah untuk membajak agar kegiatan belajar mengajar tetap berjalan.

Sebenarnya hal ini dapat diatasi dengan migrasi ke Linux. Seperti yang kita tahu, Linux merupakan kernel yang kemudian dikembangkan oleh banyak sekali komunitas sehingga memunculkan beragam distribusi atau distro. Linux bersifat freeware, dan opensource (Lebih jelas coba cari di google “Linux License” ). Kita dapat bebas menggunakannya, memodifikasi, mengembangkan dan mendistribusikannya. Tidak heran, banyak sekali distro yang sekarang bertebaran.

Andai kata, sekolah-sekolah di Indonesia mau menggunakan Linux mungkin pembajakan akan sedikit berkurang. Hal tersebut harus diiringi dengan memberikan pemahaman kepada siswa.

Paling tidak Linux bisa menjadi alternatif, ketika memang sekolah tidak mampu membeli software berbayar beserta lisensinya. Karena yang saya bahas disini bukan harus menggunkaan Linux, tetapi pembajakannya, sehingga tidak masalah juga kalau mau menggunakan Windows, asalkan jangan bajakan.

Mungkin yang akan menjadi kendala berikutnya adalah tenaga IT disekolah belum mengerti soal Linux. Hal itu tidak menjadi masalah, karena semua hal bisa dipelajari.

Di Linux, banyak seklai software alternatif yang dapat digunakan sebagai pengganti software-software di Windows. Misalnya, Microsoft Office kita dapat menggantikannya dengan WPS Office Comunity edition yang secara tampilan tidak jauh berbeda dengan Ms. Office. Atau Libre office, dan lainnya. Photoshop dengan Gimp, CorelDraw dengan Inkscape, dan banyak sekali lainnya.

Tidak hanya untuk sekolah, tapi juga untuk setiap individu yang membaca artikel ini. Yang namanya menjadi lebih baik itu tidak bisa “ujug-ujug” jadi. Butuh proses, jika ingin menjadi pengguna Linux mungkin butuh waktu menyesuaikan, dan ketika memang ingin bertahan di Windows, mungkin tetap harus merencanakan bahwa suatu saat kita memiliki Windows dengan semua aplikasi didalamnya adalah tidak bajakan.

Share
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

LATEST ARTICLES

Posting Komentar

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA. Terima kasih.