3 Aplikasi Perekam Layar Pada Linux

        
         Jika kalian seorang ahli komputer yang ingin dan senang berbagi tutorial menggunakan video tutorial, maka kalian membutuhkan aplikasi untuk merekam layar guna membuat video tutorial kalian. Aplikasi perekam video tersedia di berbagai platform termasuk Linux. Berikut 3 aplikasi perekam layar pada linux.

  1. Kazam
Kazam

        Kazam adalah aplikasi merekam layar untuk Linux berbasis GUI. Selain merekam video, alat ini juga memiliki fitur built-in yang membantu pengguna mengambil tangkapan layar. Kazam menawarkan semua fitur dasar screencasting termasuk kemampuan untuk memilih jendela tertentu, area atau keseluruhan layar untuk rekaman; merekam beberapa tampilan; dan jeda rekaman yang sedang berlangsung.
 
     Saat dijalankan melalui command line, Kazam juga menawarkan fitur ‘God Mode’ yang memungkinkan Anda menangkap (masih dalam tangkapan layar) baik jendela yang aktif saat ini dan keseluruhan desktop dalam satu pergi.


Berikut cara instalasi kazam via terminal
sudo add-apt-repository ppa:kazam-team/unstable-series
sudo apt update
sudo apt install kazam python3-cairo python3-xlib
   2.  Simple Screen Recorder

Simple Screen Recorder
      Simple Screen Recorder adalah salah satu aplikasi perekam layar terbaik yang bisa kalian gunakan,  Aplikasi ini mudah digunakan, dan akan memungkinkan kalian dengan cepat merekam desktop .

     Untuk Pengaturan rekaman, Kalian mendapatkan pilihan untuk merekam seluruh layar, memilih sebuah segmen dari layar, dan bahkan perekam layar yang mengikuti kursor di sekitarnya ketika Kalian memindahkannya. Aplikasi ini juga menawarkan kemampuan untuk memilih frame rate di mana kalian ingin merekam video, bersama dengan opsi untuk scaling video, dan merekam kursornya. App juga menawarkan berbagai format yang dapat di atur untuk hasil videonya. kalian dapat memilih dari format MKV, MP4, WebM dan lain-lain. kalian juga dapat mengubah codec video yang kalian ingin gunakan pada aplikasi ini serta mengatur bitrate codec audio juga.

     Untuk mengistall aplikasinya bisa melalui terminal. Selanjutnya masukan perintah di bawah ini satu persatu.
sudo add-apt-repository ppa:maarten-baert/simplescreenrecorder
sudo apt-get update
sudo apt-get install simplescreenrecorder
   3.  RecordMyDesktop

RecordMyDesktop

        RecordMyDesktop adalah utilitas lain yang dapat kalian gunakan untuk merekam desktop. Aplikasi ini juga sangat mudah digunakan, tetapi tidak menawarkan fitur-fitur canggih untuk orang-orang yang mungkin tertarik untuk mengutak-atik pengaturan tersebut. Dengan RecordMyDesktop, kalian dapat mulai merekam desktop, dengan suara, tanpa harus khawatir tentang pengaturan.

        Aplikasi ini tidak memiliki tombol "advanced", yang akan membiarkan kalian mengkonfigurasi banyak pengaturan untuk perekaman layar. Kalian dapat menyesuaikan frame rate untuk rekaman, mengubah tampilan sasaran. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan / menonaktifkan "on-the-fly encoding", subsampling, dan banyak lagi. Aplikasi ini juga dapat mengikuti kursor pengguna saat merekam, jika setelanya diaktifkan.

Cara install RecordMyDesktop di linux via terminal
sudo apt-get update
sudo apt-get gtk-recordmydesktop
 Sekian untuk kali ini... semoga bermanfaat dan sampai jumpa

Share
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

LATEST ARTICLES

Posting Komentar

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA. Terima kasih.