Mesin Wayback untuk Source Code

Hai Sahabat Bloggers


        Proyek "Software Heritage" adalah semacam Wayback Machine untuk perangkat lunak. Proyek ini berencana untuk membuat arsip file sumber kode komputer ketika muncul di web - sebuah upaya yang memiliki implikasi tidak hanya untuk sejarah, tetapi juga untuk sains dan penelitian.

        Sejak tahun 2015, arsiparis di proyek Software Heritage, yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian Perancis di bidang Ilmu Komputer dan Otomasi, telah mengumpulkan kode sumber terbuka yang tersedia di berbagai repositori dan situs web online. Hingga saat ini, arsip berisi lebih dari 4 miliar file sumber dari lebih dari 80 juta proyek, kata Roberto Di Cosmo, seorang ilmuwan komputer yang mengarahkan proyek tersebut di Paris. Dalam kasus di mana kode sumber terbuka menghilang, atau server yang disimpannya diretas, dihancurkan atau hilang, platform ini bertujuan untuk menjadi tempat untuk versi cadangan.

         Dalam beberapa minggu mendatang, Di Cosmo dan rekannya berencana untuk merilis arsip bagi siapa pun untuk mengakses untuk pertama kalinya. Menambahkan kode ke platform, bagaimanapun, akan terus dengan cara yang sama, kata Di Cosmo. Dia berspekulasi bahwa arsip saat ini hanya berisi sekitar seperempat perangkat lunak open source dunia, mencatat bahwa kode tersebut sering dipublikasikan di tempat-tempat yang sulit diakses di internet. (www.linux.com)

Share
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

LATEST ARTICLES

Posting Komentar

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA. Terima kasih.