Membuat Bootable Linux menggunakan Unetbootin

        Halo sahabat penguin… ketemu lagi dengan saya disini, yang lagi mau share soal cara membuat bootable linux, bootable itu penting banget lohhh buat kelangsungan hidup linux kalian hahaha (*alay, ya iyalah penting kalo gak ada bootable mana bisa ngistall linux) sebenernya si bisa nginstall linux tanpa harus membuat bootable tapi ngistallnya di virtual box, jadi linuxnya antara ada dan tiada hahaa..
        Sebelum kita membahas cara membuat bootable linux, ada baiknya kita list dulu apa saja yang dibutuhkan dalam membuat bootable, yang kalian butuhkan untuk membuat bootable adalah :

1. User
2. ISO/DMG file
3. Media penyimpanan
4. Aplikasi pembuat
     
        Untuk usernya sama menggunakan diri saya sendiri 😆😀 untuk ISO terserah kalian mau menggunakan ISO apa, menurut keinginan hati kalian ajah, disini saya menggunakan ISO Archlinux-2012.12.01-dual, untuk media penyimpanannya saya menggunakan Flashdisk, untuk aplikasi pembuatnya sya menggunakan Unetbootin, sebenernya banyak aplikasi untuk membuat bootable tapi untuk kali ini saya menggunakan unetbootin.  Okehh kalo semuanya udah siap kita langsung buat bootablenya

1. Masukkan Flashdisk
2. Buka aplikasi Unetbootin

Tampilannya kayak gini
Tampilan Unetbootin



Disitu ada 2 Opsi, Distribution dan Diskimage, saya jelasin dulu satu persatu

Distribution : digunakan untuk membuat bootable secara online,  kalian hanya perlu memilih distribusi dan versinya, kemudian OK dan proses akan langsung berjalan, tapi opsi ini akan memakan waktu sedikit lebih lama, apalagi jika koneksi Wi-fi nya kurang memadai
Diskimage : digunakan untuk membuat bootable secara offline, kalian hanya perlu menekan
 tombol
Tombol untuk memilih ISO

untuk memilih ISO, dan pastikan Drive-nya sudah tertuju pada flashdisk kita

Tampilannya kayak  jadi kayak gini
Memilih ISO



kemudian OK

proses pembuatan bootable akan berjalan

Proses pembuatan Bootable

Tunggu sampai proses Installation Complete

Installlation Complete

Pembuatan bootable selesai,
Jika kalian ingin langsung mengistall linux maka pilih reboot now dan langsung masuk ke BIOS, jika masih ingin mengistall di lain waktu maka pilih exit.
Okehh begitulah cara membuat bootable linux menggunakan Unetbootin, sekian dulu dari saya semoga bermanfaat, see you next time 😁😁

Share
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

LATEST ARTICLES

Posting Komentar

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA. Terima kasih.