5 macam Desktop Environment(DE) linux paling popular

Satu hal menarik LAGI tentang linux yang akan kita bahas disini, apaan tuh??? Yups, Desktop Environment atau biasa disingkat DE. Ada banyak sekali macam Desktop Environment di linux dan itu membuat linux jadi semakin berwarna 😆 dan gak monoton, bosenin, itu-itu ajah dan lain sebagainya.. 😆

Okeh sebelum kita absen satu persatu tuh De, kita juga perlu tau apa itu Dekstop Environment(DE). Jadi, Desktop Environment(DE) adalah tampilan antar muka grafis (GUI-Graphical User Interface) yang mememperlihatkan kiasan meja kerja di layar komputer modern atau dalam bahasa Indonesianya Lingkungan Desktop.

Secara Default, Ubuntu sudah menyertakan Unity sebagai DE default-nya, kalo kalian bosen dengan tampilan Unity kalian bisa menggantinya dengan DE lain sesuai selera kalian.
Biar gak lama-lama, inidia macam-macam Desktop Environment(DE) linux paling popular

1. KDE

Tampilan Desktop Environment KDE


KDE (K Desktop Environtment) adalah jenis DE yang terkenal dengan tampilannya yang sangat "wah". Awalnya huruf  “K” pada KDE adalah singkatan dari “Kool”, tetapi kemudian diganti menjadi “K” saja, yang berarti “Aksara pertama sebelum ‘L’ (untuk Linux) dalam alfabet Latin.”
KDE tampilannya lumayan mirip windows and lengkap. Karena kelengkapannya banyak yang mengira KDE tuh OS(operating system), padahal Cuma DE alias buat tampilan grafis saja.

Keunggulan utama KDE : kemudahan pemakaian, fleksibilitas, portabitilis, dan kekayaan fitur. KDE dikembangkan sejalan dengan KDevelop, paket pengembangan perangkat lunak, dan KOffice, paket aplikasi office.
kekurangan KDE : Bisa dibilang penggunaan KDE untuk desktop environment itu dibilang berat untuk spesifikasi hardware yang rendah, setidaknya perlu spesifikasi tinggi agar didapatkan efek grafis yang maksimal
untuk melakukan instalasi KDE dapat menggunakan perintah berikut di terminal:

sudo apt-get install kubuntu-desktop

beberapa aplikasi yang terdapat pada KDE:
File Manager : dolphin
Command Line : konsole
Text Editor : kate

2. GNOME

Tampilan Desktop Environment GNOME


GNOME(GNU Network Object Model Environment) adalah salah satu DE paling populer di linux. Dibangun dengan GTK+ GUI toolkit. Ciri- cirinya memiliki dua taskbar diatas dan dibawah layar. GNOME banyak disukai karena tampilannya yang tergolong sederhana namun sangat baik untuk multitasking. Penggunaan sumber daya sendiri bisa dibilang lumayan. Kira kira sama dengan unity (default Ubuntu). Instalasi GNOME bisa dilakukan dengan mengetikkan perintah :

sudo apt-get install gnome-shell

beberapa aplikasi yang terdapat di GNOME :

File Manager : nautilus
Command Line : gnome-terminal
Teks Editor : gedit

3. XFCE

Tampilan Desktop Environment XFCE


XFCE (XForms Cool Environment) adalah Desktop Environment linux yang menggunakan logo tikus dan terkenal cepat dan sangat irit sumber daya. Kelebihan XFCE adalah cepat, ringan, menarik secara visual dan mudah digunakan.
Xfce berbasis perangkat bantu GTK+ 2 (sama seperti GNOME). Ia menggunakan window manager Xfwm. Konfigurasinya sepenuhnya digerakkan melalui tetikus (mouse), dan file-file konfigurasi disembunyikan dari pengguna biasa.

Untuk meng-Install XFCE ketikkan perintah berikut :

sudo apt-get install xubuntu-desktop

aplikasi yang ada di XFCE adalah :

File Manager : thunar
Command Line : xfce-terminal
Text Editor : mousepad

4. LXDE

Tampilan Desktop Environment LXDE


LXDE (Lightweight X11 Desktop Environment) adalah DE yang sangat ringan dan cocok untuk komputer tua, notebook, atau computer dengan spesifikasi rendah. LXDE dirancang dengan desain yang ramping agar penggunaan sumber daya tetap rendah, Karena penggunaan sumber daya yang rendah inilah yang membuat LXDE hemat energi. LXDE menggunakan RAM dan CPU berkemampuan rendah namun tetap kaya fitur sistem operasi.
LXDe memiliki kemiripan dengan Openbox karena memang LXDE adalah Openbox yang diberi LX Panel. Untuk meng-instal LXDe bisa dilakukan dengan perintah berikut :
sudo apt-get install lubuntu-desktop

aplikasi bawaan LXDE adalah :

File Manager : pcmanFM
Command Line : lxterminal
Text Editor : leafpad

5. CINNAMON

Tampilan Desktop Environment CINNAMON


Cinnamon adalah Desktop Environment yang dikembangkan khusus untuk Linux Mint Cinnamon. Untuk meng-intall Cinnamon bisa dilakukan dengan perintah berikut :
sudo add-apt-repository ppa:gwendal-lebihan-dev/cinnamon-nightly
sudo apt-get update && sudo apt-get install cinnamon

beerapa aplikasi bawaan dari Cinnamon adalah :

File Manager : nemo
Command Line : gnome-terminal
Text Editor : gedit

Okeh sekian dulu dari saya semoga bermanfaat, selamat belajar dan bersenang-senang dengan linux. See you 😊
Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Share
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

LATEST ARTICLES

2 komentar

Wow keren, langsung coba dah.

Mantaap.
Cinnamon dan KDE tuh sepertinya keren...

Posting Komentar

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA. Terima kasih.