Cara Mount NTFS Linux

Hey semua....., Ketemu lagi di blog KSL-P,  Sudah beberapa hari saya absen posting karena kesibukan sehari-hari saya, Sekarang di artikel ini saya akan membagikan pengalaman saya tentang bagaimana cara mount file system ntfs di linux atau bagaimana cara mount harddisk external / flashdisk di linux, Kasus ini biasanya sering ditemui oleh newbie yang baru pertama kali memakai linux seperti saya, Hal ini juga cukup rumit loh untuk para newbie ketika awal-awal memakai linux, Tapi setelah membaca artikel ini anda tidak perlu pusing lagi :D

Sebelum anda melakukan mounting, pastikan anda tau indentitas device storage anda, Caranya ketikan perintah dibawah ini :

1.Install ntfs-3g pada linux kita, dengan copy perintah  dibawah ke terminal linux

apt-get install ntfs-3g

2.Lalu kita tentukan di direktori mana kita mount drive tersebut. Kita buat direktori untuk me-mount drive kita. Contohnya disini saya membuat direktori hda5 pada direktori /mnt, untuk membuat direktori tersebut ketikkan perintah 

 mkdir /mnt/hda5 

3.Untuk melihat drive kita ketikkan perintah
 fdisk -l

4.Pastikan drive dan partisi NTFS terlihat, contohnya pada drives saya seperti berikut


Lalu kita pilih partisi NTFS yang akan kita mount, contohnya disini saya memilih /dev/hda5 untuk saya mount

5. Kemudian kita mount dengan perintah

mount -t ntfs-3g /dev/hda5 /mnt/hda5
  
 *perintah ini mungkin baru bisa dijalankan, setelah kita menggunakan cara permanen.

  Kalau perintah di atas tidak bisa, anda tambahkan -o force pada perintah,
  jadi perintahnya seperti di bawah

mount -t ntfs-3g /dev/hda5 /mnt/hda5 -o force

 *Jadi kita me-mount drive /dev/hda5 pada direktori /mnt/hda5.

Tapi cara di atas hanya untuk mount sementara, setelah komputer di restart maka partisi tidak ter-mount. Agar partisi ter-mount secara otomastis kita edit file pada /etc/fstab. 
Caranya sebagai berikut :
  1. Kita edit file pada /etc/fstab dengan perintah
  nano /etc/fstab
    
    2.Lalu kita tambahkan baris seperti berikut :

 

Jika ingin me-mount drive-drive yang lain tinggal tambahkan baris seperti di atas
Demikian sedikit pengetahuan yang bisa saya bagikan, Wassalam Terima kasih.

Share
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

LATEST ARTICLES

Posting Komentar

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA. Terima kasih.