Cara Mengembalikan Grub Ubuntu Yang Tertimpa Windows

Selamat Pagi :)

mengembalikan ubutnu yang tertimpa windows

Pada postingan kali ini gue akan sedikit sharing bagaimana Cara Mengembalikan Grub Ubuntu Ataupun Linux Yang Hilang Tertimpa Windows.

Yang mana kemaren gue sempet install ulang laptop, nah gue install laptop dengan sistem operasi Windows, dan gue juga install Linux, dan setelah instalasi selesai, Si Jendela(Windows) gak muncul di bootgrub, Bikin Kepala Pusing :D.

Dan pada akhirnya aku curhat sama si Mbah Google Dia jawabnya gini "Hem Itu Mah Gampang", Setelah Mbah Bilang seperti itu ke gue, si mbah pun mengajariku bagaimana cara mengatasi masalah tersebut,,,,:D.

Oke Langsung Aja Biar gak lama-lama penasarnnya:
1. Sobat booting/try ubuntu atau linux sobat menggunakan Live CD/Live USB.

2. Setelah itu buka terminal, lalu masukkan perintah "sudo su".

3. Lalu masukkan perintah "fdisk -l", maka akan muncul semua partisi yang sudah kita buat di hard disk kita.

4. Nah setelah itu masukkan perintah berikut untuk mount partisi linux anda "mount /dev/sda....(Nomor Partisi Sistem Liux Kamu) /mnt", seperti contoh:


mount /dev/sd2 /mnt

5. Setelah itu masukkan perintah berikut.

grub-install --root-directory=/media/root /dev/sda
Jika berhasil maka akan muncul notifikasi text seperti berikut:

installation finished. no error reported.

Sekian tutorial cara mengembalikan grub ubuntu yang tertimpa windows.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Share
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

LATEST ARTICLES

Posting Komentar

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA. Terima kasih.