Perintah Untuk Mengecek Daftar Partisi Linux

Artikel kali ini mejelaskan beberapa command untuk check list partisi linux.
Di linux banyak command dan utilities untuk mendapatkan informasi list partisi, tentu dengan kelebihan masing-masing,  Walau pada dasarnya utility seperti fdisk, sfdisk, gparted, dll

FDISK

Fdisk adalah utility partisi yang berguna untuk menampilkan list parisi dan juga berguna untuk membuat partisi baru dengan perintah command di bawah
root@lixid [~]# fdisk -l

Info yang ditampilkan list semua partisi yang tersedia di Disk.

SFDISK

Sfdisk adalah utility partisi yang hampir kegunaannya seperti flash disk, Fitur yang di miliki lebih banyak, dan dalam mendapatkan informasi partisi sfdisk dapat menampilkan informasi dalam ukuran MB (Mega Byte).

Contoh dibawah ini menampilan partisi dan ukuran pertisi pada disk sda.

CFDISK

Cfdisk utility partition editor yang memiliki keunggulan memiliki user interface dengan basis ncurses,  Untuk menggunakannya cukup menggunakan command

[root@lixid ~]# cfdisk
Otomatis akan masuk kedalam user interface.


PARTED

Parted salah satu utility partition yang fungis dan fitur tidak berbeda jauh dengan sfdisk.
untuk menampilkan informasi list disk partition, Dengan meggunakan perintah di bawah.

[root@lixid ~]# parted -l
Output / tampilan

DF

Df bukan utility seperti contoh lainnya diatas, melainkan comand standard unix yang menampilkan informasi partisi disk yang termount oleh system,  informasi df sendiri didapatkan dari file “/etc/mtab” dan “statfs”
untuk melihat informasi list partisi yang termount di system gunakan perintah berikut.

[root@server ~]# df -h

Output atau tampilan.

LSBLK

Lsblk adalah command untuk menampilkan informasi partisi,  Informasi yang ditampilkan didapat dari file “/proc/partitions”
[root@server ~]# lsblk -a
 
Output dan tampilannya.


Hanya itu yang saya bisa posting artikel  hari ini Semoga Bermanfaat!


Share
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

LATEST ARTICLES

Posting Komentar

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA. Terima kasih.